Pengadaan Barang/Jasa dan Kontrak

Dokumen Penawaran Penyedia Tidak Dapat Dibuka/Dideskripsi

Beberapa waktu yang lalu ketika akan melakukan evaluasi penawaran penyedia, saya mengalami masalah dimana salah satu dokumen Penyedia tidak dapat saya buka dengan aplikasi apendo karena dideteksi data corrupt atau rusak.

Saya pun mencoba mencari tahu apa sih penyebab dokumen lelang tidak bisa dibuka dan mendapat informasi pada tautan berikut dan apa yang harus dilakukan oleh Pokja ketika ada dokumen yang tidak dapat dibuka pada link berikut.

Belajar dari dua pengalaman tersebut, saya pun akhirnya berkonsultasi dengan teman-teman di LPSE. Menurut salah seorang teman trainer di LSPE, saya dapat mengajukan permohonan Form Pembuktian Uji Forensik kepada LPSE untuk untuk membuka dokumen penawaran tersebut. Namun teman saya meminta saya terlebih dahulu membicarakannya dengan Kepala LPSE.

Setelah saya berkonsultasi dengan Kepala LPSE, Ia menyarankan agar sebelum saya mengajukan permohonan uji forensi terhadap file penawaran tersebut, saya sebaiknya mencoba membuka file penawaran tersebut dengan browser lainnya. Karena pada waktu mendownload dokumen rhs penyedia tersebut saya menggunakan browser google chrome, maka saya diminta untuk mencoba mendownload dokumen rhs itu dengan browser lainnya seperti: internet explorer, mozila fire fox atau opera mini.

Jika setelah mendownload dokumen tersebut dengan browser sejenis lainnya dan masih tidak dapat dibuka dengan aplikasi Apendo, maka dapat mengajukan permintaan uji forensik ke LPSE dan sesuai dengan SOP yang ada LPSE akan mengundang Pokja dan Penyedia yang dokumennya corrupt atau rusak tersebut untuk melakukan pembukaan dokumen tersebut dengan disaksikan oleh kedua pihak.

Saya pun mengikuti saran dari Kepala LPSE tersebut. Untungnya setelah saya mencoba mendownload dokumen yang rusak tersebut dengan browser lainnya, dan kemudian melakukan proses deskripsi dengan aplikasi apendo, dokumen yang rusak tersebut dapat dibuka dan dibaca.

Akhirnya, saya tidak perlu mengajukan permintaan uji forensik kepada LPSE dan dapat langsung melakukan evaluasi penawaran. Karena itu, jika anda mendapati pengalaman seperti di atas, maka cobalah menggunakan browser sejenis lainnya sebelum meminta bantuan LPSE.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s